POLSEK JUWANA IKUTI BAKTI SOSIAL BERSIH SAMPAH - PERINGATI HARI MARITIM NASIONAL 2018





Pati, RadarMuria.Com
Kepolisian Sektor ( Polsek ) Juwana menerjunkan personel ambil bagian dalam Bakti Sosial memperingati Hari Maritim Nasional dan _World Maritime_ _Day_ ( Hari Maritim Dunia ) serta Hari Habitat Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III ( Syahbandar ) Juwana, pada Jumat pagi (29/9).

Kegiatan tersebut melibatkan lebih 200 orang dari instansi terkait di wilayah Kecamatan Juwana, terdiri pemerintah kecamatan setempat beserta jajaran, Polsek dan Koramil Juwana, anggota Pos AL, Polair, Kantor TPI, perusahaan perkapalan, pemilk kapal dan nelayan, taruna pelayaran serta didukung armada pengangkut sampah dari Dinas PUTR.

Sebelum pelaksanaan, diawali Apel Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Syahbandar Juwana Drs. Japet Simanjuntak, MM di halaman kantor setempat.



Sasaran kegiatan meliputi lingkungan Kantor Syahbandar, sungai alur pelayaran dan lingkungan Desa Bajomulyo, tepatnya di depan masjid setempat yang berbatas langsung dengan sungai dimaksud.

Kepala Syahbandar Drs. Japet Simanjuntak, MM mengatakan, kegiatan itu sesuai Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut Nomor UM.003/79/7/DJPL-18 tentang kegiatan memperingati 'hari laut' tersebut.

"Bakti Sosial Bersih Sampah ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memberi edukasi atau pembelajaran kepada masyarakat khususnya pemilik kapal dan ABK untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di alur pelayaran", terang Japet Simanjuntak.

Sementara itu, Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiyono yang terjun langsung memimpin 15 anggotanya dalam kegiatan bersih sampah itu, kepada RadarMuria.Com mengatakan, sangat mengapresiasi bakti sosial yang diselenggarakan oleh Syahbandar Juwana.

"Kegiatan ini bisa menjadi contoh dan perhatian bagi masyarakat, terutama para pemilik kapal dan ABK untuk bersama - sama meminimalisasi pembuangan sampah termasuk limbah cair, di jalur utama pelabuhan da.n alur pelayaran. Sehingga akan tampak bersih dan rapi serta membuat nyaman dalam bekerja", jelas AKP Eko Pujiyono.

Kapolsek menilai positif kegiatan tersebut yang melibatkan _stakeholder_ terkait dan berharap bisa menjadi agenda rutin setiap bulan, sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Menyinggung kesiapan Polsek Juwana dalam menghadapi Pemilu 2019 dan Pilkades serentak pada Desember mendatang, AKP Eko Pujiyono menyebut telah melakukan edukasi dan pemilu damai kepada desa - desa di wilayah hukum Polsek Juana melalui Babinkamtibmas.

"Ada pemetaan titik kerawanan untuk antisipasi gangguan kamtibmas. Kita bersaudara, kita Indonesia, apapun pilihan dan siapapun yang terpilih, itulah pemimpin kita dan wakil kita", ujar Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiyono. (RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.