PERINGATAN 10 MUHARAM MOMEN TEPAT SANTUNI YATIM PIATU





Pati, RadarMuria.Com
Bulan Muharam pada kalender Hijriah, adalah bulan yang dimuliakan umat Islam, selain bulan- bulan lainnya.

Hal itu karena Muharam diyakini sebagai bulan yang penuh berkah bila umat menjalankan ibadah atau amalan- amalan yang di _syareat_ kan dalam Islam, terlebih pada hari yang ke- 10.

Berdasar keyakinan tersebut, mendorong seorang pengusaha sukses asal Desa / Kecamatan Gembong H. Istono. Tepat pada 10 Muharam kemarin, H. Tono dan keluarga merayakan bulan mulia itu dengan mengadakan pengajian dan santunan kepada ratusan anak yatim piatu, di kediamannya.

Kepala Staf Kodim 0718 / Pati Mayor Inf. Much. Sholihin, S.Sos; S.Ag yang menjadi penceramah mengatakan, 10 Muharam adalah hari yang istimewa bagi umat Islam.

"Allah menurunkan rahmatNya pada 10 Muharam. Sejarah nabi dan rasul banyak menyebut kemuliaan hari itu. Contoh nabi Adam dan Hawa dipertemukan di dunia dan diampuni dosanya pada hari itu, juga Yusuf yang terbebas dari penjara kerajaan, Yunus yang keluar dari perut ikan, Isa yang diangkat kelangit dan lain - lain", sebut Mayor Sholihin.

Mayor Sholihin lebih lanjut mengatakan dengan merayakan 10 Muharam diharapkan dapat mengingatkan generasi Islam terhadap sejarah Islam.

"Allah memuliakan 10 Muharam, supaya kita mengikutinya dengan amalan - amalan yang baik. Misalnya berpuasa dan bersedekah atau memberi santunan kepada anak - anak yatim piatu", tambah Mayor Sholihin.

Usai pengajian, ratusan anak yatim piatu mendapat santunan berupa uang dan bingkisan yang diserahkan langsung oleh H. Istono didamping istri. Perasaan haru menyelimuti yang hadir pada acara itu, terlebih dengan adanya lantunan sholawat dari grup rebana yang mengiringi.

Kepada RadarMuria.Com H. Tono sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kegiatan pengajian dan santunan yatim piatu sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

"Sudah menjadi agenda rutin sebagai bentuk rasa kasih sayang terhadap mereka. Nanti ke depan akan lebih ditingkatkan untuk jumlah penerima maupun daerah asal penerima", ujar H. Tono.

Menurut pengakuannya, ratusan anak yatim piatu yang mendapat santunan adalah dari lingkungan desa tempat ia tinggal.

"Merasa kasihan, siapa lagi yang akan menyantuni mereka kalau bukan kita. Dan kami berharap berkah atas kegiatan ini, semoga senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran rejeki", harap H. Tono.

Keutamaan 10 Muharam atau dikenal Hari Asyura, menukil hadis bahwa : Dari Abbas ra., Rasulullah bersabda "Barangsiapa berpuasa pada hari Asyura maka Allah akan memberi pahala 10 ribu malaikat, 10 ribu pahala haji dan umrah, serta 10 ribu pahala orang mati syahid. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim, maka Allah akan menaikkan dengan setiap helai rambut 1 derajat. Barangsiapa memberi makan berbuka bagi yang berpuasa pada hari Asyura, maka seolah-olah ia memberi makan berbuka kepada umat Rasulullah yang berpuasa hari itu". ( usman )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.