GERAKAN PUNGUT SAMPAH SEDUNIA MENUJU PATI BEBAS SAMPAH





Pati, RadarMuria.Com
Ribuan orang memadati komplek Pasar Puri Baru pada Sabtu pagi (15/9) untuk mengikuti Gerakan Pungut Sampah Sedunia atau dikenal World CleanUp Day 2018.

Kegiatan dengan slogan Guyub Rukun Saiyeg Saeko Proyo Mujudake Pati Bebas Sampah itu didahului Apel Besar dengan Bupati Pati sebagai inspektur upacara.

Hadir Wakil Bupati Syaiful Arifin, Kapolres Pati, Dandim 0718 / Pati yang diwakili oleh Kasdim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, para kepala OPD, Muspika Pati dan tamu undangan lainnya.

Peserta kegiatan terdiri atas jajaran OPD, karang taruna, ormas, pelajar, Pramuka dan komunitas warga yang sudah mempersiapkan berbagai alat kebersihan dan kantong sampah.

Bupati Pati H. Haryanto dalam pidato mengatakan, kegiatan itu bertujuan mempersatukan masyarakat dari berbagai latar belakang yang berbeda untuk peduli terhadap permasalahan sampah di Kabupaten Pati.

"Kegiatan ini diharapkan tidak sekedar seremonial saja, tetapi dapat menggerakkan masyarakat dari berbagai elemen untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sampah menjadi persoalan kita bersama, tidak hanya daerah namun juga dunia", jelas Bupati.

Berkaitan dengan itu, Bupati Haryanto menghimbau agar jangan mengandalkan petugas kebersihan yang ada saja, tetapi diri sendiri juga harus peduli dengan menjaga kebersihan lingkungan.

"Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi masyarakat. Dan bagi instansi terkait agar saling bahu - membahu menyelesaikan persoalan sampah yang ada di Kabupaten Pati", pungkas Bupati Haryanto.

Dalam kegiatan itu, Bupati beserta jajaran dengan diikuti peserta melakukan pungut sampah di seputar komplek pasar tersebut. ( H. Tono )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.