GERAK JALAN PEMUDA TINGKAT JATENG BAKAL DIGELAR DI PATI



Pati, RadarMuria.Com
Kabupaten Pati bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan gerak jalan pemuda tingkat Jawa Tengah, yang akan diikuti 35 kabupaten / kota.

Gerak jalan yang akan menempuh jarak 28 kilometer itu, rencana digelar pada 4 Oktober Kamis pagi jam 06. 00 WIB mengambil _start_ di Stadion Joyo Kusumo menuju Gembong dan kembali di titik _finish_ di Stadion Joyo Kusumo.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ( Disporapar ) Kabupaten Pati Sigit Hartoko mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ( HSP ) 2018.

"Peserta adalah usia antara 16 - 30 tahun yang merupakan perwakilan terbaik dari tiap kabupaten atau kota", terang Sigit Hartoko pada rapat koordinasi persiapan Lomba Gerak Jalan 28 Km, di aula Kantor Disporapar setempat, beberapa waktu lalu.

Selain gerak jalan, Sigit menambahkan, pihak panitia juga akan menyiapkan acara tambahan yaitu jalan santai untuk umum dan pelajar. Disediakan pula _doorprize_ dan hiburan musik.

Lebuh lanjut dikatakan Sigit, lomba gerak jalan tersebut bertujuan untuk menambah semangat persatuan dan kesatuan bagi berbagai komponen bangsa yang diwakili oleh kaum muda, guna merajut kembali cita - cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Harapan kami, tidak hanya momentum sejarah saja yang diperingati, tapi lebih daripada itu kita dituntut untuk mengamalkan nilai - nilai Sumpah Pemuda agar rasa nasionalisme para pemuda dapat bangkit kembali", jelasnya.

Sigit menambahkan, keragaman merupakan realitas yang tidak dapat dijadikan alasan untuk terpecah - belah. Kenyataan yang sering terlihat, menurutnya, justru bertolak belakang dengan makna Sumpah Pemuda.

"Hal itu bisa dilihat masih banyaknya perkelahian antar pelajar, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan kecenderungan suka produk luar negeri", pungkas Kepala Disporapar Kabupaten Pati, Sigit Hartoko. ( usman /: humas setda )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.