ELIMINASI KAKI GAJAH PEMKAB PATI KAMPANYEKAN POPM





Pati, RadarMuria.Com
Pencegahan penyakit menular, termasuk kaki gajah ( _filariasis_ ) terus dilakukan pemerintah guna menghindarkan penyakit tersebut di masyarakat.

Pemkab Pati melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) pada Minggu pagi (16/9) bertempat di halaman setda setempat, menggelar Kampanye Pemberian Obat Pencegahan Massal ( POPM ) menyusul masuknya Bulan Pencanangan Eliminasi Kaki Gajah yang secara nasional digelar 1 hingga 30 Oktober 2018.

Kegiatan dihadiri Bupati Pati H. Haryanto, Dandim 0718 / Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, S. Sos, Plt Kepala DKK dr. Edi Sulistiyono dan tamu undangan lainnya.

Bupati Haryanto dalam pidato mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar masyarakat benar - benar terbebas dari penyakit kaki gajah.

"Melalui pencanangan yang dirangkai dengan pemberian obat pencegahan massal ini, diharapkan masyarakat benar - benar akan terbebas dari penyakit kaki gajah", terang bupati.

Bupati Haryanto menambahkan, untuk bisa menjangkau sasaran pemberantasan penyakit tersebut diperlukan sosialisasi secara berantai melalui peran Dinkes yang diteruskan ke Puskesmas di seluruh Kabupaten Pati.

"Sebelum melakukan POPM, pihak paramedis terlebih dulu memberi pengertian kepada masyarakat atas manfaat obat. Sehingga masyarakat menjadi mengerti dan sadar betapa pentingnya pemberian obat pencegahan penyakit sejak dini", jelas bupati.

Bupati Haryanto berharap, camat dan kepala desa juga diharapkan dapat menghimbau warga di lingkungannya untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.
( H. Tono /: pendim )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.