DINAS PERTANIAN KABUPATEN PATI SIAPKAN BENIH UNGGULAN TERSTANDAR DAN BERKUALITAS





Pati, RadarMuria.Com
Dinas Pertanian Kabupaten Pati siapkan benih padi unggulan varietas Ciherang. Padi jenis tersebut dipersiapkan di lahan seluas 2 hektar terletak di persawahan di lingkungan Kantor UPTD Balai BenihTanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kalidoro Jalan Kembang Joyo Pati.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Ir. Mokhtar Efendi kepada RadarMuria.Com usai melakukan kerja bakti bersama jajarannya di lokasi tersebut, pada Sabtu pagi (8/9).

Menurut Mokhtar Efendi, kegiatan kerja bakti dan kunjungan itu sebagai bentuk motivasi kepada UPTD yang baru dibentuk semenjak 6 bulan lalu. "Kegiatan ini sebagai bentuk motivasi dalam rangka penguatan kelembagaan terhadap kantor UPTD yang masih relatif baru, sehingga nantinya diharapkan dapat memberi kontribusi dan manfaat kepada masyarakat terhadap kebutuhan benih yang terstandar dan berkualitas", jelas Efendi panggilan akrabnya sehari - hari.

Ia mengapresiasi keberadaan kantor tersebut yang menurut penilaiannya mengalami perkembangan dibanding sebelumnya yang tampak tidak terawat. "Semenjak dibentuk UPTD, perkembangannya sangat luar biasa. Bisa dilihat betapa semakin 'hijau' dan asri tempatnya dengan berbagai tanaman buah yang dikembangkan dan terawat dengan baik", tambah Mokhtar Efendi.

Terpisah, Kepala UPTD Balai Benih Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kalidoro, Agus Cahyono, SP saat diwawancara mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan benih seluas 2 hektar dengan pembagian 1 hektar untuk produksi benih dan 1 hektar lainnya untuk konsumsi.

Agus menambahkan, untuk mendapatkan produksi berkualitas, saat ini didukung dengan peralatan pertanian modern terdiri atas pompa air, mesin _seed cleaner_ ( penyaring benih ), mesin _packing_, ketersediaan pupuk, obat pertanian dan lain - lain. Selanjutnya, masih menurut Agus, benih tersebut akan dilaboratoriumkan untuk menguji kualitas dan mendapatkan _patent_ atau sertifikasi.

Selain tanaman padi, kantor yang membawahi Kebun Pembibitan Waturoyo dan Soneyan keduanya di wilayah Kecamatan Margoyoso serta Tlogorejo di Kecamatan Tlogowungu itu, sedang mengembangkan tanaman buah seperti matoa, mangga, pepaya, rambutan dan durian serta jeruk _pamelo_ , salah satu buah ikon Kabupaten Pati. (usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.