TEMA KEMERDEKAAN PADA KHOTBAH SHOLAT JUMAT





Pati, RadarMuria.Com
Menjadi kewajiban bagi kaum muslimin untuk melakukan sholat fardlu, termasuk sholat Jumat yang dikerjakan secara berjamaah di masjid - masjid.

Pada Jumat hari ini di Masjid Nurul Ikhsan Jalan Raya Pati - Tayu Km. 18 turut Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso, khotbah mengambil tema 'Memaknai Kemerdekaan Secara Positif' yang disampaikan oleh Khotib KH. Haris yang disimak secara seksama oleh para jamaah.

Dalam khotbahnya, KH. Haris menerangkan hendaknya sebagai warga negara dapat memaknai kemerdekaan secara positif, yaitu kebebasan seluas - luasnya di segala bidang yang dapat membawa manfaat dan kemashlahatan sesuai yang dicita - citakan para pendiri bangsa. " Dan janganlah memaknai kemerdekaan secara negatif yaitu kebebasan seluas - luasnya yang tanpa batas yang tidak sesuai dengan norma - norma dan berpotensi menimbulkan kerusakan dan kemadlorotan", jelas KH. Haris.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kemerdekaan adalah suatu nikmat yang dianugerahkan oleh Tuhan YME kepada bangsa Indonesia yang dilalui dengan perjuangan dan pengorbanan. Mengutip hadis Rasulullah Muhammad SAW, khotib menyampaikan bahwa hendaknya kita dapat mensyukuri nikmat sekecil apapun yang diberikan Allah SWT. " Barang siapa tidak mensyukuri nikmat yang kecil, maka ia tidak akan mendapati nikmat yang besar", terang KH. Haris.

Usai khotbah dilanjutkan dengan sholat Jumat yang diikuti ratusan jamaah dari masyarakat umum dan santri dari pesantren terdekat masjid Nurul Ikhsan.
( usman )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.