KALI PERTAMA, SYAHBANDAR JUWANA SELENGGARAKAN UPACARA 17 AGUSTUS





Pati, RadarMuria.Com
Kali pertama Kantor Syahbandar Juwana selenggarakan Upacara 17 Agustus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 73.

Upacara diselenggarakan di halaman Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan
(Syahbandar) Juwana dengan peserta terdiri jajaran kesyahbandaran dan instansi terkait seperti Stasiun Radio Pantai Juwana, unit kesehatan, perhimpunan nelayan dan pengusaha perikanan, taruna akademi kemaritiman dan siswa sekolah kemaritiman serta sekolah umum terdekat lingkungan kantor syahbandar.

Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Perhubungan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Unit Penyelenggara Pelabuhan Juwana Drs. Japet Simanjuntak, MM selaku Inspektur Upacara dengan komandan upacara Andreanto dan perangkat upacara seluruhnya dari internal kantor tersebut.

Prosesi acara berlangsung tertib dan khidmat mulai pengibaran Bendera Merah Putih hingga akhir pembacaan doa oleh petugas. Dalam kesempatan itu Drs. Japet Simanjuntak selaku Inspektur Upacara juga berkesempatan membacakan naskah Teks Proklamasi sebagai seremoni yang wajib pada Upacara 17 Agustus.

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh inspektur upacara, Menteri Perhubungan
mengatakan Upacara Bendera 17 Agustus hendaknya dapat dijadikan momentum mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan namun menjadi titik awal bagi bangsa untuk memulai kehidupan dalam tatanan sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.

Disebutkan pula bahwa kemerdekaan merupakan kesempatan seluas - luasnya untuk membangun bangsa dan membawa negara menuju kemakmuran dan kejayaan.

Lebih lanjut, bersamaan dengan momentum penyelenggaraan Asian Games dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan, hendaknya menjadi pendorong semangat meraih yang terbaik bagi bangsa dan negara yang bertemakan " Dengan Semangat Para Pejuang Mari Kita Raih Prestasi Dalam Olahraga ASIAN GAMES Jakarta - Palembang 2018".

Kepada RadarMuria.Com usai upacara, Japet Simanjuntak mengatakan baru kali pertama Upacara 17 Agustus dilaksanakan di Kantor Syahbandar Juwana berdasarkan surat edaran Kementerian Perhubungan tentang penyelenggaraan upacara 17 Agustus di masing - masing unit kerja di seluruh Indonesia.

Japet Simanjuntak menambahkan, dirinya merasa bangga menjadi inspektur upacara sekaligus terharu saat membacakan Teks Proklamasi. "Mengingatkan kembali memori saya saat masih menjadi pelajar dulu dan semangat perjuangan kembali menggelora", kata Japet Simanjuntak yang mengaku hanya mempersiapkan upacara tersebut dalam waktu yang singkat.

Namun menurutnya, pihaknya tetap akan mengevaluasi hasil penyelenggaraan upacara tersebut supaya menjadi lebih baik pada pelaksanaan di tahun mendatang. ( usman / tim ).

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.