DANDIM 0718 / PATI IRUP ESTAFET TUNAS KELAPA





Pati, RadarMuria.Com
Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, S. Sos menjadi Inspektur Upacara Estafet Tunas Kelapa bertempat di Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi yang berbatasan dengan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Letkol Arm. Arief Darmawan, S. Sos selaku Kamabisaka Wirakartika Dim 0718/Pati menerima tunas kelapa dari Letkol Inf. Ryzadly Syahrazzy Themba, S. Sos selaku Kamabisaka Wirakartika Dim 0721/ Blora untuk selanjutnya diestafetkan ke Kwarcab Kudus.

Upacara dihadiri juri dari Kwarda Jawa Tengah, Kakwarcab Pati yang diwakili Waka Bina Muda, Kakwarran Pucakwangi dan Muspika setempat serta perwakilan gugus depan se - Kecamatan Pucakwangi dan pelajar Madrasah Aliyah Yaris Desa Sukopuluhan.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Gubernur Jawa Tengah meminta kepada anggota Pramuka untuk menjadikan Dasa Darma Pramuka sebagai pedoman suci yang melekat ke dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Lebih lanjut gubernur juga meminta kepada anggota Pramuka untuk meneguhkan dan mengokohkan semangat cinta tanah air dan bangsa. Disebutkannya pula bahwa sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya dapat memanfaatkan usia muda dengan sebaik - baiknya dengan berkreasi dan berkarya.

Sesuai Petunjuk Teknis Estafet Tunas Kelapa (ETK) Tingkat Kwarda Jawa Tengah, kegiatan diselenggarakan selama 13 hari dimulai 24 Agustus hingga 5 September 2018 dengan titik _start_ berada di 14 kota / kabupaten di Jawa Tengah. Setiap kwarcab akan menempuh minimal 3 etape yang masing - mading etape berjarak 5 kilometer dengan waktu tempuh selama 60 menit. Dalam perjalanan estafet itu pula ditambah dengan kegiatan persemayaman dan bakti masyarakat.

Estafet tunas kelapa tersebut, di setiap kwarcab melibatkan pasukan inti sebanyak 61 anggota Pramuka putra - putri, pasukan pendukung 94 (3 peleton) anggota putra - putri dan pengiring dari instansi, ormas, grup seni.

ETK yang mengambil tema "Pramuka Perekat NKRI" tersebut bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka dengan motto "Satyaku Kudarmakan - Darmaku Kubaktikan", sehingga tujuan dari Gerakan Pramuka yaitu membentuk manusia yang berkarakter , berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila dapat terwujud. (usman / sumber pendim)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.