ANGGOTA DPR RI FIRMAN SUBAGIYO HADIRI BAKSOS KLENTENG HOK TIK BIO



Pati, RadarMuria.Com
Anggota DPR RI Firman Subagiyo mengikuti bakti sosial ( baksos ) yang diselenggarakan oleh Yayasan Dhanagun Klenteng Hok Tik Bio di kawasan Pecinan Jalan Setiyabudi Pati, pada Rabu (29/8) bertempat di halaman klenteng setempat.

Hadir pada acara itu, Bupati Pati H. Haryanto, Dandim 0718 / Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, S. Sos; Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, SIK; M.Si, Kepala Dinas Porapar Sigit Hartoko, anggota DPRD Kabupaten Pati Sri Wahyuningati, para pemuka agama lain dan Kelompok Gusdurian.

Firman Subagiyo yang juga Ketua IKKP ( Ikatan Kekuarga Kabupaten Pati ) di Jakarta itu, menyempatkan hadir untuk turut berbakti sosial dengan menyediakan 2 ton beras untuk digabungkan dengan beras sosial yang disediakan Klenteng Hok Tik Bio sebanyak 6 ton. Sehingga total beras sebanyak 8 ton, terdiri 1600 sak masing - masing seberat 5 kilogram yang dibagikan sebanyak 500 lebih warga yabg sebelumnya sudah dibagi kupon. Selain beras, pada acara itu juga disediakan gunungan sebanyak 5 buah yang berisi hasil bumi untuk diperebutkan.

Sebelum pembagian beras, dilakukan ritual ibadah King Hoo Ping atau Sembahyang Rebutan atau disebut juga dengan Ulambana. Menurut Ketua Yayasan Dhanagun yang juga Ketua Klenteng Kabupaten Pati, Edi Siswanto mengatakan ritual ulambana adalah sebagai bentuk pelestarian budaya leluhur dan mengandung harapan agar mendapat berkah dari yang kuasa. "Mengandung makna yaitu agar kepada arwah para leluhur diberi tempat yang mulia dan bagi yang masih hidup agar mendapat kemudahan rezeki dan kelancaran usaha", terang Edi Siswanto.

Pada kesempatan itu, Firman Subagiyo yang juga anggota Gusdurian Pati sebuah komunitas yang mengedepankan pluralisme itu bersama - sama Forkompimda turut secara langsung membagikan beras kepada warga yang sudah antre selama proses acara berlangsung. ( usman )

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.