BUPATI PATI LAUNCHING JEJAK SI GARDA





Pati, RadarMuria.com
Kesehatan adalah hak dasar setiap warga dan negara wajib menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai. Dalam rangka memberi layanan kesehatan terutama penanganan kegawatdaruratan, Bupati Pati H. Haryanto melaunching Program Jejak Si Garda singkatan dari Jejaring Komunikasi Sahabat Siaga Gawat Darurat Untuk Anda sekaligus Call Center PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten ( DKK ) Pati bertempat di halaman kantor tersebut Jalan Diponegoro Pati pada Selasa (24/7). Acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Pati diiringi bunyi sirene dari puluhan mobil ambulance yang terparkir di jalan tersebut. Hadir instansi terkait terdiri Polres Pati, Kodim 0718/ Pati, para camat se Kabupaten Pati, para direktur rumah sakit, para Kepala Puskesmas dan tenaga medis lainnya serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara dr. Aviani Tritanti mengatakan ide program Jejak Si Garda dengan SPGDT (Sistem Pelayanan KegawatDaruratan Terpadu ) nya telah muncul sejak 2011 dan dengan keberanian dan tekad akhirnya dimunculkan pada 2016 di tingkat nasional. Untuk Kabupaten Pati sendiri baru pada tahun ini. " Program ini membangun koordinasi dengan stakeholder terkait untuk bersinergi dalam penanganan kasus gawat darurat yang menimpa warga", terang dr. Aviani. Ia menambahkan bahwa masyarakat belum banyak mengetahui terhadap program tersebut dan menurutnya ini menjadi tugas dari stakeholder terkait untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo, M. Kes dalam teks pidato sambutannya mengatakan mengapresiasi atas launching program tersebut sebagai bentuk wujud nyata pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Disebut pula bahwa Jawa Tengah adalah supermarket bencana karena rawan kejadian bencana alam dan bencana yang diakibatkan oleh manusia. Maka diperlukan adanya sistem yang mapan dan terorganisir seperti keberadaan Jejak Si Garda tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala DKK Kabupaten Pati dr. Edi Sulistiono mengatakan program itu adalah program dari Kementerian Kesehatan pusat dan diharapkan dapat memberikan pelayanan gawat darurat yang cepat dan lebih baik. "Ada tim kesehatan yang siap jemput bola dalam rangka memberi layanan penanganan gawat darurat pra rumah sakit. Dan bila ini berjalan dengan baik, maka alangkah nyamannya hidup di Indonesia", jelas dr. Edi Sulistiono. Ia juga menyebut program itu masih terkendala dengan kekurangan sumberdaya manusia dan pihaknya pada kesempatan itu mengajukan kepada Bupati Haryanto untuk memenuhi kebutuhan personel dimaksud.
Sementara waktu menunggu pemenuhan personel, pihaknya akan berkoordinasi dengan RSUD Soewondo Pati.

Bupati Pati H. Haryanto dalam pidatonya mengatakan bahwa program itu sudah cukup lama dan baru saat ini dilaunching. Bupati menyebut Pemerintah Kabupaten Pati selalu konsisten dan komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat tak terkecuali layanan bidang kesehatan. " Manfaatkan aplikasi ini dengan sebaik - baiknya sehingga masyarakat dapat terlayani. Harus ada tindak lanjut dari program ini dengan mensosialisasikan dan mengimlementasikan kepada masyarakat", jelas bupati. Lebih lanjut Bupati Haryanto mengatakan pihaknya akan memantau kinerja tim Jejak Si Garda yang didukung sebanyak 29 mobil ambulance yang terintegrasi dengan sistem pantau ( GPS ) sehingga kasus gawat darurat di suatu tempat di wilayah Kabupaten Pati akan direspon dengan cepat dengan call center PSC 119. Namun demikian Bupati Haryanto meminta nomor call center bisa dirubah agar mudah diingat masyarakat, dengan nomor 777. "Nomer pitu yang bermakna pitulungan", katanya. Bupati Haryanto juga memperhatikan usulan dan ide - ide inovatif dari semua pihak yang bertujuan memberikan pelayanan sebaik - baiknya kepada masyarakat Kabupaten Pati.

Masyarakat dapat memanfaatkan layanan call center 119 bila mengalami atau menemui kejadian gawat darurat dan akan menanggapi informasi itu selanjutnya mengirimkan petugas medis beserta ambulance terdekat menuju lokasi kejadian dengan penanganan cepat dan tepat sebelum dibawa ke rumah sakit atau tempat layanan kesehatan lainnya.

Jenis layanan yang dapat diperoleh masyarakat terdiri Layanan Ambulance Gawat Darurat 24 jam, Info Ketersediaan Kamar Kosong di Rumah Sakit, Info Ketersediaan Darah di UTD PMI Kabupaten Pati dan Bank Darah Rumah Sakit serta Info Jadwal Dokter Jaga dan Apotik Jaga. Untuk kantor pusat SPGDT / PSC 119 Kabupaten Pati berada di Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Jalan P. Diponegoro Nomor 153 Pati, telephon yang bisa dihubungi (0295) 381685 faksimili (0295) 385446 dan email : dinkes_ pati@gmail.com
( usman )

1 komentar:

  1. Hi,

    My name is Randy and I was looking at a few different sites online and came across your site radarmuria.com. I must say - your website is very impressive. I found your website on the first page of the Search Engine.

    Have you noticed that 70 percent of visitors who leave your website will never return? In most cases, this means that 95 percent to 98 percent of your marketing efforts are going to waste, not to mention that you are losing more money in customer acquisition costs than you need to.

    As a business person, the time and money you put into your marketing efforts is extremely valuable. So why let it go to waste? Our users have seen staggering improvements in conversions with insane growths of 150 percent going upwards of 785 percent. Are you ready to unlock the highest conversion revenue from each of your website visitors?

    TalkWithLead is a widget which captures a website visitor’s Name, Email address and Phone Number and then calls you immediately, so that you can talk to the Lead exactly when they are live on your website — while they're hot!

    Try the TalkWithLead Live Demo now to see exactly how it works. Visit: https://www.talkwithlead.com/Contents/LiveDemo.aspx

    When targeting leads, speed is essential - there is a 100x decrease in Leads when a Lead is contacted within 30 minutes vs being contacted within 5 minutes.

    If you would like to talk to me about this service, please give me a call. We do offer a 14 days free trial.

    Thanks and Best Regards,
    Randy

    ReplyDelete

Powered by Blogger.